Sabtu, 12 Januari 2013

Network Cable Tester

Dalam networking/ jaringan computer ada beberapa macam media yang dapat digunakanuntuk menghubungkan komputer, secara umum dibagi menjadi 2 jenis atau tipe media yangdigunakan, yaitu: Media kabel, dan Media wireless. Dan kemudian dalam pemasangan jaringancomputer umumnya menggunakan teknik Cabling. Dan untuk detail mengenai hal-hal tersebutakan dibahas dibawah ini.



1. Kabel Coaxial Thinnet ( Kabel RG-58 )
Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58 biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari
British Naval Connector.

Sebenarnya BNC adalah nama konektor yang dipakai, bukan namakabelnya. Kelebihan menggunakan kabel RG-58 adalah :a.Fleksibel, mudah dipakai untuk instalasi dalam ruangan b.Dapat langsung dihubungkan ke computer menggunakan konektor BNC. Spesifikasiteknis dari kabel ini adalahc.Mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter.d.Impedansi Terminator 50 Ohm.
Fungsi:
Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan dikalangan radio amatir terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar.

2. Kabel Coaxial Thicknet ( Kabel RG-8 )
Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung, Spesifikasi kabel ini sama dengan dengan Kabel Coaxial Thinnet, hanya bentuk fisiknya lebih besar. Karena lebih besar, kabel ini dapat menampung data yang lebih banyak sehingga cocok untuk instalasi sebagai backbone jaringan.Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah:

a.Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
b.Impedansi terminator 50 Ohm.
c.Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan komputer.

Supaya komputer dapat terhubung ke jaringan thicknet, diperlukan transceiver. Koneksiantara Network Adapter Card dengan transceiver dibuat dengan menggunakan drop cable untuk menghubungkan Transceiver dengan Attachment Unit Interface ( AUI ) pada Network Adapter Card. Interface dari AUI berbentuk DB-15.Bila dibandingkan antara Thicknet dengan thinnet, instalasi kabel thicknet jauh lebih sulitkarena sifatnya lebih kaku dan tidak fleksibel. Tetapi melihat kapasitas data dan jarak yang bisadijangkau, jenis kabel ini masih menjadi favorit sebagai penghubung antar gedung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar